Senin, Juni 15, 2009

Memulai Sebuah Komunikasi

Menindaklanjuti posting yang kemarin yang berjudul "Communication is Key" yang ternyata banyak mengundang komentar dari para pengunjung, maka pada posting kali ini saya akan memaparkaan sedikit tentang bagaimana memulai sebuah komunikasi yang mana ini adalah sequel dari "Communication is Key".

Sebenarnya untuk memulai sebuah komunikasi itu mudah sekali. Namun terkadang bagi kita yang jarang berbicara di depan umum, hal pertama yang kita rasakan adalah  perasaan takut sekaligus grogi.  Untuk itu, tips yang pertama agar sukses dalam memulai sebuah komunikasi adalah harus berani mengungkapkan ide yang ada dalam benak kita kepada orang lain. Gak terlau susah kan? Klu masih belum berani ya harus dilawan dan cara terbaik untuk mengatasi rasa takut tidak lain dan tidak bukan adalah dengan melakukan apa yang kita takuti tersebut.

Kedua, sebelum kita memulai sebuah komunikasi ada baiknya jika kita perhatikan dulu siapa lawan komunikasi kita, minimal apakah dia laki-laki atau perempuan. Karena dengan memperhatikan terlebih dahulu siapa lawan komunikasi kita maka akan mempermudah kita dalam memilih bahasa yang tepat untuk digunakan dalam bekomunikasi. 

Ketiga, komunikasi yang baik adalah komunikasi yang tidak terlalu terkesan memaksakan kehendak kepada orang lain dan juga kita bukan menjadi tempat pelampiasan orang lain menguasai kita. Sehingga perlu sekali untuk menerapkan "win-win communication". "Win-win communication adalah cara berkomunikasi dimana kita tidak terlalu menguasai pembicaraan dan jugakita tidak hanya menjadi pendengar saja. Jadi konsep win-win communication ini membuat kita menjadi seorang pembicara dan pendengar yang baik di waktu yang tepat.

Demikian tips sederhana untuk memulai sebuah komunikasi yang dimana merupakan kelanjutan dari "Communication is Key". Semoga bermanfaat.

Penulis :

Muhammad Sholeh

-Trainer and Marketing Director of Data Techno.

Tidak ada komentar: