Jumat, Juni 19, 2009

Komitmen dan Konsekuensi

Ketika kita berbicara tentang sebuah komitmen maka tidak bisa lepas dari yang namanya konsekuensi. Komitmen dan konsekuensi dalam realitanya berjalan secara bersamaan dan saling mendukung satu dengan yang lainnya. KOMITMEN tanpa KONSEKUENSI seperti mengobral janji tanpa bukti. KONSEKUENSI tanpa KOMITMEN seperti halnya menghakimi sesuatu tanpa ada penyebab yang jelas dan pasti.

Kadang masih banyak sekali sebagian dari kita ketika mempunyai sebuah komitmen kita mengabaikan konsekuensi dari komitmen kita. Alangkah baiknya jika sebuah komitmen itu diimbangi dengan konsekuensi yang dapat memberikan nilai lebih dan manfaat bagi yang membuat komitmen.

Misal, ketika kita berkomitmen untuk menjalankan ibadah tepat waktu dan jika komitmen itu kita langgar karena berbagai alasan maka kita bisa membuat berbagai macam konsekuensi seperti menambah hapalan ayat-ayat Al-Qur’an, bersedekah dan lain sebagainya. Dengan demikian ketika komitmen kita tidak berhasil maka kita masih bisa mendapatkan manfaat dari konsekuensi yang kita buat juga, bukannya malah menyalahkan diri sendiri, orang lain dan juga kondisi.

Semoga menjadikan sebuah inspirasi di hari yang suci ini. Amin..

Salam Inspirasi.

**Muhammmad Sholeh**

Trainer Outbond

Marketing Director DATA TECHNO (Web Developer)

3 komentar:

KOC mengatakan...

Artikel yg bagus Ho.... perlu ditambah 1 lagi = SEMANGAT...!!!

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Saya sangat setuju,... komitmen memang harus disertai dengan konsekwensi.

saya jadi terinspirasi. Tengkyu.

Admin mengatakan...

@ KOC : Siipp mas....!!!
@ Setiawan Dirgantara : Terima kasih sudah berkujung dan mohon ukntuk saling memberikan inspirasi kepada orang lain...