Selasa, Desember 09, 2008

3 Kemampuan Seorang Pemimpin


Dalam kehidupan, selalu ada 2 hal yang kontras. Ada hitam ada putih, ada gelap ada juga terang, ada yang memimpin dan ada juga yang dipimpin. Namun terlepas dari kedua sisi tersebut, sejatinya semua manusia adalah seorang pemimpin, minimal sebagai pemimpin bagi dirinya sendiri.

Baik memimpin diri sendiri maupun orang lain mempunyai formula yang sama, yaitu sebuah kemampuan. Lalu kemampuan apa saja yang harus ada untuk bisa menjadi pemimpin yang baik?

1. Kemampuan mengenali kemampuan diri sendiri dan juga orang lain
Banyak pemimpin-peminpin yang sukses mempunyai latar belakang pendidikan lebih rendah pada bawahannya. Tidak sedikit karyawan mempunyai gelar sarjana namun pemimpinnya hanya lulusan SMA. Kenapa hal itu bisa terjadi? Hal itu bisa terjadi karena sang pemimpin mampu mengenali dengan baik sejauh mana kemampunnya dan kemampuan orang lain. Dia sadar betul bidang apa yang dia kuasai dan bidang apa yang jauh lebih dikuasai oleh orang lain.

2. Kemampuan menggunakan kemampuan dengan baik
Setelah seorang pempimpin mengetahui sejauh mana kemampuannya dan kemampuan orang lain, maka dia akan mengerjakan semaksimal dan seoptimal mungkin perkerjaan yang bisa dia lakukan. Namun jika dia tidak bisa mengerjakan hal yang bukan kompetensinya maka dia akan mencari orang yang kompeten untuk bekerja sama sehingga apa yang dia harapkan bisa terwujud meskipun sang pemimpin kurang kompeten di satu bidang.
3. Kemampuan untuk selalu meningkatkan kemampuan
Terkadang banyak sekali orang yang sudah puas dengan kesuksesan yang telah didapatkannya. Dia merasa tercukupi semuanya sehingga enggan untuk mengolah serta mempertajam kemampuannya. Jika seorang pemimpin seperti ini maka dia akan jauh tertinggal oleh bawahannya yang semakin lama juga belajar dari orang-orang disekitarnya. Sehingga bisa dimungkinkan suatu saat nanti kedudukan pemimpin akan tergantikan oleh bawahan yang senantiasa mengasah dirinya menjadi lebih baik lagi.

Tidak ada komentar: