Minggu, Desember 14, 2008

Karena kamu bisa mengerti dirimu sendiri


Itulah judul yang sengaja saya pilih untuk posting kali ini. Judul tersebut bukanlah sembarang judul, karena judul tersebut merupakan sebuah jawaban yang selama ini saya cari. Saya adalah mantan ketua OSIS SMA N 2 Klaten masa bakti 2005/ 2006. Dan pada masa itu adalah masa pertama kali diadakan pemilu ketua OSIS yang pertama. Tentunya sebelum pemilu dilaksanakan ada beberapa tahapan untuk menyaring kandidat ketua dan akhirnya keluarlah 5 besar kandidat ketua OSIS SMA N 2 Klaten. Mereka adalah orang-orang terpilih yang dipilih dari panitia pemilu dengan berbagai pertimbangan yang matang. Kandidat tersebut diantaranya adalah Bintoro Iswahyudi, Fauzan Al Hakim, Noor Andi Fachrudin, Arif Hananto dan tentunya saya sendiri (Muhammad Sholeh).

Dan setelah pemilu dilaksanakan akhirnya atas suara, dukungan dan kepercayaan dari siswa-siswi SMA N 2 Klaten, saya dinyatakan sebagai ketua umum. Namun saya tak habis pikir kenapa saya bisa lolos dalam seleksi tersebut dan dipilih sebagian besar siswa, padahal dulu saya merasa orangnya biasa-biasa saja dan tidak apa-apanya jika dibandingkan dengan ke empat kandidat lainnya.

Setelah lulus dan mempunyai bekal pengalaman organisasi maka sekarang saya merasakan dampak positif yang luar biasa dari yang telah saya lakukan di oraganisasi sekolah dulu. Dan beberapa waktu yang lalu saya tanyakan pada Mas Haryo mengapa dulu saya dipilih sebagai kandidat ketua OSIS. Dan jawaban dari mas Haryo adalah "Karena kamu bisa mengerti dirimu sendiri".

Setelah saya renungkan kata-kata itu maka saya bisa menemukan hikmah yang luar biasa. Jika anda ingin meraih kesuksesan dalam bidang apapun maka kunci pertamanya adalah "mengerti bagaimana diri sendiri". Ya, mengerti bagaimana diri kita sendiri. Dengan demikian maka kita akan bisa mengenali seperti apa diri kita dan bisa menjadi apa diri kita nantinya. Setelah itu kita bisa juga mengerti bagaimana tipekal dan karakteristik orang lain sehingga kita akan lebih mudah dalam berhubungan dengan mereka.

Mari kita renungkan, sudahkah kita mengerti diri kita sendiri?
Jika belum, saat ini juga renungkan dan niat kan untuk mengenali dan mengerti siapa dan bagaimana diri kita sendiri...!!!!



1 komentar:

Anonim mengatakan...

PeBLOG MOTIVASI ARIEF Percayalah bahwa setiap individu adalah terlahir dengan sempurna dan luar biasa. Hanya saja kitanya kadang yang suka meremehkan potensi kita sendiri.